/*---- Awal Script Floating-FB--*/ /*---- Akhir Script Floating-FB--*/

Jumat, 14 Juni 2013

UKG Online 2013


Berikut ini Indikator Esensial untuk Soal UKG Online Guru SD Tahun 2013. Apa pentingnya Indikator Esensial? dari indikator ini Bapak Ibu guru dapat mencari Materi UKG Guru SD Tahun 2013 sebagai bahan belajar. Hal ini penting bagi anda selain latihan software UKG Online gratis (link berada di bawah)



Berikut adalah Indikator Esensial sebagai berikut :
  1. Memilih materi ajar  aspek membaca di kelas rendah SD.
  2. Memilih  materi ajar  aspek menulis di kelas tinggi SD.
  3. Merumuskan  hakikat  (pengertian, tujuan, jenis, dan manfaat) menulis.
  4. Menemukan isi atau pesan pokok wacana dari sebuah berita
  5. Menemukan isi atau pesan pokok dalam wacana naratif seperti cerita atau puisi.
  6. Membandingkan berbagai jenis wacana bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi).
  7. Membandingkan berbagai wacana Bahasa Indonesia (argumentasi dan eksposisi)
  8. Menyusun  berbagai bentuk/jenis tulisan (deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, percakapan, atau surat)
  9. Mendeskripsikan unsur?unsur Karya Tulis Ilmiah (KTI)
  10. Menganalisis unsur intrinksik dan ekstrinsik, struktur, dan ciri?ciri karya sastra prosa.
  11. Menilai prosa  
  12. Mengapresiasi drama.
  13. Merumuskan proses belajar PKn tentang konsep kejujuran
  14. Membuat tes proses pembelajaran tentang sikap nasionalisme
  15. Merancang inditator dan instrumen penilaian pembelajaran PKn SD
  16. Membuat contoh sangsi  pelanggaran norma yang berlaku di sekolah
  17. Merumuskan  prinsip?prinsip demokrasi.  
  18. Menganalisis praktik demokrasi di Indonesia dalam pengambilan keputusan
  19. Mengkategorikan Peraturan perundang? undangan di tingkat daerah.
  20. Mengemukakan sejarah terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara.
  21. Menyimpulkan nilai?nilai Pancasila,sebagai idiologi negara.
  22. Menganalisis  pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  23. Mengidentifikasi batas?batas kepulauan yang rawan dicaplok oleh negara tetangga dan cara menanggulanginya.
  24. Menelaah bentukbentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari?hari.
  25. Membuat bagan hubungan antara lembaga?lembaga pemerintahan di tingkat pusat.
  26. Membuat bagan hubungan antara lembaga?lembaga pemerintahan di tingkat daerah.
  27. Menelaah sistem pilkada yang ada di Indonesia.
  28. Menelaah prinsip politik luar negeri dan dalam negeri ASEAN.
  29. Merancang aktivitas pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
  30. Merancang pembelajaran matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengonstruksi pengetahuan matematika.
  31. Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi bilangan bulat
  32. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
  33. Mengombinasikan beragam strategi  pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran.  
  34. Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran geometri dan pengukuran
  35. Menganalisis dan menerapkan urutan operasi pada bilangan bulat
  36. Menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan bilangan pecahan
  37. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan
  38. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume benda ruang.
  39. Menganalisis dan menerapkan sifatsifat segiempat
  40. Menganalisis dan menerapkan sifatsifat kesejajaran garis?garis
  41. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas daerah bangun datar
  42. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
  43. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan diagram
  44. Memecahkan masalah berkaitan dengan rata?rata  
  45. Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar  
  46. Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA  
  47. Mengkombinasikan beragam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah  
  48. Menganalisis proses?proses fotosintesis pada tumbuhan
  49. Menyimpulkan macam?macam pengangkutan pada tumbuhan
  50. Menggambarkan hubungan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
  51. Menganalisis fungsi kelenjar?kelenjar yang berhubungan dengan system pencernaan makanan pada manusia
  52. Menganalisis kelainan dan gangguan pada sistem pernapasan manusia
  53. Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
  54. Menganalisis sifatsifat cahaya
  55. Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan kemagnetan
  56. Menganalisis kebutuhan energy dan daya listrik dalam kehidupan sehari?hari.
  57. Memprediksi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari?hari
  58. Menganalisis peran kalor dalam mengubah suhu benda.
  59. Mengelompokkan planet?planet dalam tata surya
  60. Menganalisis proses terjadinya tata surya
  61. Membandingkan antara fakta dan konsep dalam IPS  
  62. Menyususn generalisasi dalam IPS
  63. Menganalisis sejarah kenampakan alam.
  64. Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA yang tidak dapat diperbaharui.
  65. Merumuskan pemanfaatan dan pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebinekaan
  66. Merumuskan penyebab terjadinya gejalagejala alam, dan bentuk?bentuk bencana alam  
  67. Mengaitkan penyebab terjadinya gejalagejala alam, dan bentuk?bentuk bencana alam serta usaha?usaha untuk menghadapinya
  68. Memahami berbagai norma yang ada di masyarakat
  69. Menganalisis peran bangsa Indonesia pada era global
  70. Menganalisis proses globalisasi
  71. Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi dalam masyarakat
  72. Memahami kebijakan ekonomi
  73. Merencanakan media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS  
  74. Menyusun evaluasi berdasar indikator pada pembelajaran  IPS di SD
  75. Memilih prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar IPS
  76. Mengidentifikasi aspek proses dan hasil belajar IPS yang penting untuk dinilai.

Jika anda ingin latihan software UKG Online gratis silahkan kunjungi:

Comments
0 Comments

0 comments :

Posting Komentar

Cool Blue Outer Glow Pointer